RSS

Ciputat Lahan Macet

dok. kemacetan Ciputat

Keadaan tersendat atau bahkan terhentinya arus lalu lintas, boleh jadi disebabkan  banyaknya jumlah kendaraan melebihi kapasitas jalan. Kemacetan banyak terjadi di kota-kota besar, terutama transportasi publiknya belum baik.  Jabodetabek adalah salah satu potret kota metropolitan dengan kepadatan  penduduk dengan berbagai kesibukkan.

Seperti di jalan Ciputat Raya arah Ciputat menuju Lebak Bulus, Tangerang Selatan, hampir setiap hari kemacetan  terjadi. Pagi, siang, sore, malam, kemacetan terjadi karena bermacam sebab.  Banyaknya kendaraan yang melampaui kapasitas jalan, angkutan yang menurunkan penumpang sembarangan, terjadinya kecelakaan, dan masih banyak lagi.

Banyaknya kendaraan bermotor yang ugal-ugalan, buruknya pelayanan angkutan umum, ditambah perilaku masyarakat yang mengedepankan gengsi dengan menggunakan mobil sendiri, termasuk penyebab utama kemacetan di sini.

Tidak adanya terminal juga merupakan bibit kemacetan di daerah Ciputat. Ditengarai ada empat terminal bayangan di Tangerang Selatan (Tangsel) Pasar Jombang, Pasar Ciputat, Pasar Serpong, dan Pasar Bintaro. Meski disinyalir menjadi penyebab kemacetan, namun Dinas Lalu Lintas Angkutan Jalan [DLLAJ] tidak bisa melakukan tindakan tegas karena belum adanya fasilitas terminal di Kota Tangsel.

Meski telah dibuat fly over kemacetan masih  kerap terjadi di kota Tangsel ini. Terbukti fly over bukanlah salah satu solusi pemecah masalah kemacetan di kota ini. Hal ini juga tidak menurunkan angka kemacetan di Ciputat Raya menuju Lebak Bulus.

Kemacetan di Ciputat juga berdampak negatif ke semua pihak seperti kerugian waktu karena waktu perjalanan rendah, pemborosan energi, dan meningkatkan stres bagi pengguna jalan. Apalagi di saat jam pergi dan pulang kantor, daerah ini bagai showroommobil yang sedang parkir massal karena jumlah kendaraan tidak sesuai dengan kondisi jalan yang tidak terlalu luas. Terkadang trotoar menjadi pilihan para pengendara bermotor untuk digunakan agar cepat sampai tujuan. « [teks & foto: Riki / web]

 

2 responses to “Ciputat Lahan Macet

  1. HaRi_Febri

    Mei 7, 2011 at 3:55 pm

    betul,betul,betul. . . sampe pusing kalau lg hunting tempat di daerah itu,, emmmm bkn pusing mencari tempatnya, pusing karena macet,cet,cetnyaaa. . .

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: