RSS

This Is The Beginning

Awal mula dari sebuah berita adalah ditentukan dari rapat redaksi. Nah, ini dia waktu dimana semua anggota kumpul bareng untuk membicarakan tentang peristiwa apa yang mau ditulis dan tugas masing-masing. Tak terlalu banyak yang dibahas sebenarnya, tapi ide awalnya itu yang sulit dicari.

Rapat redaksi pertama kali kita bahas pada hari Sabtu, awal dari setelah penugasan dari dosen lalu kita bahas rencana peliputan. Pada saat itu, corat-coret dimulai untuk mengetahui rencana peliputan yang akan di upload. Wihiiii… bingung banget, rubriknya banyak, rencana liputan harus 3 alternatif, dan posisi saya awal jadi Pemred. Tidak kebayang mesti masukin liputan apa yang menarik.

Pada bagian ini yang menjadi awal mula dari sebuah peristiwa diliput dan menjadi sebuah berita. Tapi bagian ini juga yang penting. Rapat ini biasanya kita lakukan di hari Kamis jam 13.00 wib di kampus. Karena di hari itulah kami ada jam kosong dari kuliah. Biasanya kumpul di Plaza Internet kampus yang bisa sekalian online untuk langsung dikerjakan.

Tim delittlejournal memang agak santai untuk itu, jadi kita bisa bahas semua melalui SMS dan catatan kecil yang menjadi tugas masing-masing. Tiap kali berkumpul, membahas tentang rencana liputan, promo, dan lain-lain. Ada yang menarik ketika kita membahas untuk promo, stiker dan spanduk yang menjadi rencana promo newsblog kami. Stiker akhirnya dipilih satu desain yang sekalian logo simpel, tapi spanduk yang kami ingin bikin dari graffiti. Bagus sih pake graffiti, tapi hingga sekarang belum sempat terpasang sempurna.😀

Kalo tiap rapat redaksi dibilang serius yang engga juga sih, karena kami tidak pernah neko-neko dalam menjalani tugas ini. Tanggung jawab dan disiplin aja intinya, walaupun bingung-bingung juga hehe. Saling mengingatkan apa yang akan dibahas untuk rencana ke depan bagi newsblog kami, tentang bagaimana kendala nanti menjalaninya itu diminimalisir sedini mungkin.

Rencana awal atau tahap pra produksi inilah yang menentukan newsblog kami akan menarik atau tidak. Pemred yang nantinya akan memantau, update, tektok sama dosen, sekaligus mengikuti proses peliputan hingga akhirnya menjadi informasi menarik bagi pembacanya. We hope so…🙂 [aaL]

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: