RSS

Catatan Kecil…

delittlejournal

Welcome to delittlejournal.wordpress.com… Newsblog yang berbasis wordpress yang dibuat berkelompok seperti yang ditugaskan dosen kami Bapak Hagi Hagoromo, untuk memenuhi mata kuliah Jurnal Online. Wow… it’s been one semester! Dan tugas untuk nilai akhir pun datang. Banyak pengalaman yang udah dilewati selama kita mengejar sebuah ‘dedline’. Seru sih, masing-masing kelompok berkejaran mendapat sebuah berita yang bukan hanya aktual tapi juga menarik.

Seperti kata ‘Jurnal Online’ yang berarti newsblog ini diharapkan update setiap saat untuk ngasih tulisan baru. Satu kelompok, banyak orang, banyak kepala, banyak pemikiran, kita dituntut kerja tim. Satu sama lain saling melengkapi dan mengingatkan akan tugasnya masing-masing. Untuk tim delittlejournal yang berjumlah 5 orang, santaaaaiii tapi bertanggung jawab.😀

The Deadline: 23.59.59

Awal penugasan, saya yang ditunjuk untuk jadi Pemimpin Redaksi [Pemred]. Ya ya ya… diterima dengan lapang dada… hehe. Itung-itung sambil belajar tanggung jawab nantinya. Tugas dimulai dari membuat sebuah newsblog dengan nama yang telah disepakati, latar belakang, dan rubrik didalamnya. Walaupun judulnya masih ‘rencana’, tapi itu udah membuat kita semua bingung karena harus fix dan konsep matang.

Kelompok kita akhirnya memilih nama Delittlejournal, maksudnya kita sebagai mahasiswa jurnalistik selalu belajar memberikan berita dari peristiwa yang ada di sekitar. Hasilnya, newsblog ini harus sudah tampil pada waktu yang ditentukan dan diisi dengan tiga berita pertama. Waktunya ditentukan sebelum pukul 23.59.59 wib. Well, semua anggota nulis berita bagian masing-masing. Mekanismenya, berita yang telah dibuat individu, masuk ke pemred untuk diedit, lalu kirim ke dosen untuk final editing. Nah, disini yang agak kelimpungan, pemred mengingatkan deadline-nya, ngedit, trus tektok-an sama dosen, baru upload.

Tektok-an ini yang agak ribet karena kita juga tahu bukan hanya satu kelompok yang ditangani sama Pak Hagi. Jadi, kadang kala agak lama dan banyak yang harus di revisi. Deadline to upload semua berita pada saat menjelang UTS itu yang menurut saya agak stress, karena tidak semua anggota kelompok bisa online setiap saat, dengan alat memadai, dan waktu yang fleksibel. Jadi, ada yang harus ngejar ke warnet sampai malam, ke rumah sodara hingga pagi, online dirumah sambil berantem sama koneksi, seru deh!

Saya sebagai Pemred waktu itu, kelimpungan mesti upload sambil SMS-an sama teman-teman untuk nanya perkembangan upload newsblog kami. Saya kebagian upload dengan jumlah berita agak lumayan, bikin rubrik, dan lain-lain. Waktu itu pulang kuliah sudah malam, dan deadline 23.59.59 di hari yang sama. Sampai di rumah langsung buka leptop, upload satu-satu, dan berakhir hingga mandi di tengah malam. Keramat bener tuh “23.59.59”.

Liputan      

Tulisan yang saya buat pertama kali adalah profil Managing Editor saya di kantor terdahulu, Vicky Stefanie. Kalo melihat background-nya, ia sudah tertarik dengan dunia fashion sejak remaja. Setiap kali ia terlibat dalam perbincangan, ia selalu mengagumi perkembangan fashion terbaru. So, saya pilihlah ia untuk tampil dalam profil newsblog ini.

Hmmm… Hampir semua liputan yang saya tulis, menurut saya itu menarik. Kurang tidur, pulang tengah malam, hingga kehabisan ide tulisan untuk satu berita pun terjadi. Tapi disitulah seninya jadi seorang wartawan, walaupun masih kecil-kecilan. Tulisan tentang Bali, Bogor, makanan, event, tempat wisata, dan lain-lain semuanya menarik.

Menulis tentang sebuah kota atau tempat wisata itu menyenangkan. Gimana sebuah tulisan akan lebih menarik dan ‘kena’ dengan pembacanya kalau kita bisa mendeskripsikannya secara nyata. Lebih ke membawa suasana aslinya ke dalam tulisan dan mengalir dalam satu alur pokok bahasan. Semakin kita sering menulis, semakin kita tahu kemana alur yang akan dibawa. Seperti menulis “Bogor Nan Sejuk”, senang menulisnya karena memang saya tinggal di Bogor dan selalu betah akan suasannya.

Oya, ada satu waktu dimana dosen menugaskan 6-7 liputan dalam waktu satu minggu dan update dua hari sekali. PRJ, liburan sekolah, pawai, pameran, Jakarta Great Sale, Indonesia Open, semua diberi waktu satu minggu naik ke newsblog. Surprise! Semua liputan event dan penugasan simpang siur. Tapi tetap dijalankan walau ada keluhannya, hehe.

Satu yang agak bingung adalah ketika liputan tentang PRJ. Setelah kuliah sore, kami pergi ke PRJ dan sampai disana pukul 20.30 wib karena perjalanan yang macet dengan angkutan umum. Sampai sana, kami sudah lelah tapi masih harus melakukan liputan. Ongkos pas-pas an, capek dijalan, sampai sana ramenya bukan main karena waktu itu jatuhnya hari Jumat menjelang weekend. Kebetulan, saya kebagian menulis dan selalu dapat giliran ambil gambar. Hasilnya, bingung ambil angle tulisan yang pas untuk acara ini apalagi saya salah bawa lensa kamera, jadi kurang puas mengabadikan setiap momennya.

Liputan berkesan lainnya, yaitu ketika liputan pawai. Jumat hingga tengah malam ke PRJ, Sabtu kuliah pagi, Minggu siang harus sudah ada di lokasi liputan pawai. Tim delittlejournal berjumlah tiga orang turun ke lapangan. Tapi kami terpisah, saya dapat info pawai akan berakhir di Bunderan HI, tapi dua orang lainnya menunggu di Monas. Panik karena begitu menanyakan salah satu anggota Kepolisian yang berjaga di Bunderan HI, kemungkinan pawai lewat masih 50-50. Pada waktu itu pawai di Monas sudah mulai, dan saya sendiri yang ambil gambar masih bingung di Bunderan HI. Untunglah pawai akhirnya lewat di HI.

Secara keseluruhan, mungkin kendalanya adalah tidak semua orang ketika liputan berani untuk ‘ngomong’. Baik itu untuk narasumber atau mencari info peristiwa. Di samping kita belum punya kartu pers yang memudahkan mencari informasi, tapi modal awalnya hanya ‘berani ngomong’. Itu juga yang masih terus saya pelajari, cermat, cekatan, pintar memilih dan efektif waktu dalam mengolah sebuah peristiwa menjadi berita menarik.

Big Thanks

Newsblog ini diharapkan bisa memberi informasi penting bagi pembacanya. Walaupun hanya bagian kecil karya anak jurnalistik yang masih dalam proses pembelajaran, tapi yang penting adalah kita berusaha. Nilai akhirnya ada pada sang dosen dan pembaca.😀

Terima kasih buat semua narasumber yang sudah mau direpotkan kami dalam proses peliputan. Dan dosen kami, Pak Hagi yang sudah banyak memberikan kesempatan terbaik untuk selalu mencoba walaupun kadang kala tugasnya membingungkan, hehe. At last, semua teman-teman delittlejournal terima kasih buat kerja samanya yaaa.. dan anak-anak Jurnal UPN 2008, tetap kompak ya!😉 [aaL]

“Journalism is the ability to meet the challenge of filling space.” – Rebecca West

http://almiraputri.wordpress.com 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: