RSS

Dirgahayu Jakarta

26 Jun

Kegiatan - doc. aaL

Ulang tahun DKI Jakarta yang dirayakan setiap 22 Juni memberikan kemeriahan tersendiri. Bagai suatu event besar yang ditunggu banyak orang. Persiapan direncanakan jauh hari sebelumnya untuk menyambut HUT Ibukota Negara ini.

Tahun ini, Jakarta tepat pada usia ke-484. Kota yang dulu dikenal dengan nama Batavia ini selalu memberikan kesan tersendiri bagi masyarakat. Mulai dari lokasi, jalanan, warga setempat, gedung bertingkat, hingga suasana setiap harinya. Seperti kota yang tak pernah libur dari aktivitas kesibukan.

Kota Metropolitan dengan segala keruwetan didalamnya. Hampir disetiap sudut kota di isi bangunan-bangunan bertingkat maupun bangunan ‘ilegal’ dengan jumlah penduduk Jakarta yang mencapai 9,5 juta orang. Terbayang bagaimana aktivitas seluruh warga di gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, jalan raya, tempat pendidikan, hingga daerah tempat tinggal. Kehidupan mewah hingga kumuh semua berkumpul jadi satu disini. Pujian, keluhan, sampai cacian warga setiap hari terlontar untuk kota ini apalagi mengenai kemacetannya. Walaupun demikian, pemerintah selalu berusaha menjadikan Jakarta sebagai ibukota yang nyaman bagi warganya.

Pekan Raya Jakarta (PRJ)

Arena PRJ - doc. aaL

Kegiatan yang tak pernah putus setiap hari apalagi di akhir pekan selalu membuat Jakarta ‘hidup’, khususnya mendekati hari jadi kota ini. Segala aktivitas menyambut ulang tahun direncanakan hampir semua instansi. Caranya pun berbeda-beda, ada yang memberikan paket liburan, hujan diskon, sampai acara hiburan yang menjadi agenda tahunan.

Tak kalah penting adalah agenda yang digelar Pemerintah Daerah DKI Jakarta, seperti Pekan Raya Jakarta [PRJ]. Sebuah kegiatan berkala untuk memeriahkan HUT yang berisi hiburan dan pameran besar terpusat, serta berlangsung dalam waktu yang lama. PRJ yang dulu bernama Djakarta Fair (DF) pertama kali digelar pada 5 Juni – 20 Juli 1968, digagas oleh Ali Sadikin yang waktu itu menjabat sebagai Gubernur.

Perhelatan besar ini mengalami perkembangan pesat, dari berkonsep ‘pasar malam’ hingga kini menjadi ajang pameran modern. Sudah hampir 19 tahun belakangan, PRJ digelar di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat. Pesertanya datang dari hampir seluruh Indonesia yang menyedot berjuta-juta pengunjung.

Tahun 2011 atau tahun ke-44, PRJ hadir dari 9 Juni – 10 Juli tetap memberikan kepuasan bagi pengunjung. Agenda yang ditunggu banyak orang untuk menikmati semua hal yang ditawarkan PRJ. Kumpul bersama keluarga, teman, hingga hanya menikmati suasananya saja sudah menyenangkan. Area seluas 44 hektar pun bagai tak cukup untuk menampung kemeriahannya.

Acara Musik di PRJ - doc. aaL

Setiap hari agenda acara yang ditawarkan pun berbeda, mulai dari stan-stan produk dari peserta, panggung yang berisi ratusan bintang tamu, banjir diskon, area permainan anak, sampai aneka makanan tumpah ruah disini. Kesibukan di jalan menuju Kemayoran, area parkir PRJ, antrian tiket, hingga panggung utama selalu membuat kangen pangunjung. Waktu satu bulan sepertinya kurang untuk menampung kejutan-kejutan didalamnya.

Tujuan wisata yang menarik ribuan pengunjung setiap harinya, sebagai salah satu cara kita berpartisipasi memeriahkan HUT Jakarta. Datang, berjalan, dan nikmatilah warna-warni pancaran kemeriahan Jakarta yang menjadi satu disini. Kembang api, lampu sorot, hingga riuh peserta menawarkan produknya. Karena semua produk hadir untuk memuaskan pengunjung, mulai dari elektronik, kendaraan bermotor, furnitur, pakaian, kerajinan tangan, dan makanan khas seluruh daerah hadir disini.

Ratusan artis ibukota juga turut berpartisipasi untuk menghibur pengunjung. Tak pernah habis hingga tengah malam merayakan HUT Jakarta setiap harinya. Benar-benar one stop shopping sekaligus liburan yang memuaskan hati semua kalangan terpusat dalam arena PRJ. Tapi tetap berhati-hati ya! Well, selamat ulang tahun DKI Jakarta! >> [Teks & Foto: aaL]  

http://almiraputri.wordpress.com 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juni 26, 2011 in News

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: