RSS

Harga Beras Turun 25%

25 Jun

dok. pribadi

Terjadi penurunan harga beras sampai 25% dari harga sebelumnya. Bukan hanya di Pasar Bogor saja harga beras turun. Pada sejumlah agen beras yang berada di Jakarta juga mengalami penurunan harga yang sama. Sudah dua bulan terakhir harga beras mengalami penurunan. Ibu Uli, salah satu pedagang beras di Pasar Bogor, mengaku menyuplai beras dari Cianjur. Menurutnya, kualitas beras dari daerah itu cukup bagus dan tidak banyak biaya yang dikeluarkan untuk transportasi.

Beberapa bulan lalu harga beras di Pasar Bogor per liternya dipatok enam ribuan. Namun sekarang harga beras per liternya turun menjadi lima ribuan, itu pun jenis beras yang paling bagus. Meski tak sebesar penurunan harga di Pasar Bogor, agen beras yang ada di Jakarta pun juga mengalami hal sama. Di Toko Dinar, salah satu agen beras di Cirendeu, Tangerang Selatan, harga beras turun sekitar 23%, berbeda 2% saja dari Pasar Bogor. Boleh jadi ini disebabkan perbedaan biaya transportasi.

Toko Dinar menyuplai beras dari Karawang. Setiap seminggu sekali mereka menerima beras dari kota yang terkenal sebagai Lumbung Beras Jawa Barat tersebut. Beras yang paling berkualitas dipatok harga lima ribuan per liternya, sementara sebelumnya dipatok enam ribuan. “Beras yang paling bagus dihargai 340 ribu per karungnya, sebelumnya 370 ribu per karung tapi harga segini masih termasuk stabil,” tutur Bang Lubis salah satu pegawai Toko Dinar.

Faktor terjadinya penurunan karena faktor cuaca yang mendukung untuk panen sehingga beras pun melimpah untuk dikirim pada agen atau pun pasar. Penurunan harga beras tidak bisa diprekdisi waktunya. Dalam satu tahun pun tidak tentu berapa kali harga beras turun. Menurut perhitungan Bang Lubis, bisa sampai tiga kali dalam setahun.

Harga beras yang turun disambut gembira para iburumahtangga. “Saya cukup senang bila harga beras dan bahan pokok satu per satu turun. Kalau dilihat awal tahun kemarin, saya sedikit bersyukur walau belum semua bahan pokok turun harga,” tutur Ibu Puji. Tetapi, hingga kapanpun harga beras turun, kiranya jangan sampai membuat kaum petani menanggung kerugian. « [teks : Lusi & foto: lusi]

 

 Can look at http://lusiayusanggita.wordpress.com

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juni 25, 2011 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: