RSS

Feature

30 Mei

Bogor Nan Sejuk

Tugu Kujang - Bogor

Bogor – adalah kota yang sejuk untuk dijadikan tujuan bersantai di akhir pekan. Selain suasana yang adem, kota yang hanya berjarak 48 Km dari ibukota ini juga memiliki beberapa tempat wisata. Mulai dari suasana kota hingga ragam isinya.

Kota yang terletak di Propinsi Jawa Barat ini terkenal dengan Kota Hujan. Cuaca yang tak menentu dan curah hujan tinggi, membuat kota ini acap diguyur hujan. Namun jangan salah, kondisi inilah yang membuat Bogor kota istimewa.

Buitenzorg adalah nama lain yang digunakan pada jaman kolonial Belanda, artinya ‘tanpa kecemasan’ atau ‘aman tenteram’. Tak salah memang jika ada sebutan itu, karena Bogor menjadi lokasi favorit untuk tempat tinggal.

Memasuki kawasan Bogor melalui Tol Jagorawi, kita akan langsung bertemu Terminal Bus Baranang Siang. Tugu Kujang bagai ikon khas Kota Bogor, terletak dekat dengan terminal sebagai transisi menuju pusat kota.

Kebun Raya Bogor

 

Hampir seluruh sudut Kota Bogor dikelilingi pepohonan tinggi yang berusia ratusan tahun. Tak dipungkiri memang, karena di jantung kota ini terdapat Kebun Raya yang luasnya hampir 80 hektar. Selain itu, lokasi Istana Presiden yang berada di sisinya juga menjadi ciri lain dari kota ini. Tak hanya itu, sejumlah museum juga menjadi tempat bersejarah yang patut dikunjungi, seperti Museum Zoologi, Museum Perjuangan, dan PETA.

Jalan Pajajaran sebagai jalan utama terbentang mulai dari kawasan Warung Jambu hingga V-Point, lokasi oleh-oleh. Bagi penyuka kuliner, Bogor dipenuhi sejumlah makanan khas dengan harga terjangkau. Mulai dari cemilan kecil, roti unyil, asinan, es durian, toge goreng, es cincau, dan masih banyak lagi.

Angkutan kota di sini pun unik, hampir semua angkutan berwarna hijau, makanya ada sebutan lain Bogor sebagai ‘Kota Sejuta Angkot’. Tak pernah bosan transit ke Kota Hujan ini dengan segala isinya, walaupun kadang kala tetap menyebalkan dengan kemacetan akhir pekan. Sebab banyak warga luar daerah yang mengunjungi Bogor. Tapi tetap saja, Bogor menjadi kota yang menyenangkan melepas penat dari rutinitas ibukota, kan?? « [ teks & foto: aaL]

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Mei 30, 2011 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: