RSS

Bogor Car Free Day

22 Mei

Bogor Car Free Day

Sudah lebih dari satu tahun belakangan ini di salah satu kawasan Kota Bogor, Jawa Barat diadakan Car Free Day. Tepatnya di daerah sekitar Istana Presiden, Jalan Jalak Harupat, Bogor. Setiap Minggu kawasan ini ditutup mulai pukul 06.00 hingga 09.00 wib.

AKSES menuju jalan Jalak Harupat ditutup dari kendaraan bermotor untuk memberikan ruang bagi orang-orang yang ingin melakukan jalan atau lari pagi. Kegiatan ini sekaligus melatih masyarakat sadar olahraga. Apalagi jalan ini dikelilingi sejumlah tempat yang sudah tidak asing. Sebut saja Kebun Raya Bogor, Taman Kencana, dan Lapangan Sempur.

Lapangan Sempur inilah tujuan utama semua orang melakukan olahraga pagi. Disini terdapat lapangan bola yang biasa digunakan untuk lari disekelilingnya, lapangan basket, dan wall climbing. Selain itu, ketika Minggu tiba daerah ini juga menjadi pasar kaget yang menawarkan banyak barang dan makanan.

Sebenarnya Bogor Car Free Day sudah dicanangkan sejak lama, hingga akhirnya Pemerintah Daerah Kota Bogor melegalkan hari Minggu sebagai bebas kendaraan bermotor di kawasan ini. Bekerjasama dengan Kepolisian Resort Kota Bogor, kawasan ini ditertibkan dari lalu lintas kendaraan roda empat maupun roda dua.

“Kendaraan yang akan melewati jalan ini kami alihkan ke jalan lainnya,” kata salah satu petugas yang enggan disebutkan namanya. Masyarakat yang tinggal jauh dari kawasan ini dan menggunakan motor, di parkir di sekitar Taman Kencana. Dari situ mereka berbondong-bondong ke lapangan.

Tak jarang, masyarakat datang dengan tujuan lain. Seperti Nitha, pelajar SMP yang berkunjung bersama teman-temannya untuk mencari sarapan. “Iya, aku cuma mau jalan sama teman sekalian cari sarapan,” jelasnya sambil tersenyum.

Kegiatan ini juga kerap dimanfaatkan oleh instansi tertentu melakukan kegiatan olahraga, seperti fun bike. Selain ajang santai di akhir pekan setelah rutinitas pekerjaan dan sekolah setiap hari, suasana car free day juga sedikit bebas polusi di pagi hari. Asap kendaraan berkurang ketika melewati kawasan ini.

Aktivitas positif yang bisa diluangkan untuk kegiatan sehat. Diharapkan dengan terus berlangsungnya hal ini bisa semakin menyadarkan masyarakat agar mengurangi penggunaan kendaraan emulsi berbahaya. Let’s have some fun! « [teks & foto: aaL]

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Mei 22, 2011 in Olah Raga

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: