RSS

Olahraga untuk Mempererat Silaturahmi

11 Mei

Warga Pondok Cabe Ilir, terutama ibu-ibu di RT 06/01 Kec. Pamulang, Kota Tangerang Selatan mengadakan olahraga aerobik seminggu dua kali. Kegiatan yang digelar saban Rabu dan Jum’at ini, selain untuk menyehatkan badan juga guna mempererat tali silaturahimi antarwarga di lingkungan mereka. Sebagai instruktur aerobik ditunjuklah salah satu warga. Sementara untuk pembiayaan tidak dipatok harga, melainkan sukarela. Kebanyakkan warga membayar Rp 3.000,- untuk satu kali kedatangan.

Pelatih aerobik, Ibu Rianty 38 tahun, mengenyam pendidikan senam jenis aerobik selama satu tahun untuk menjadi instruktur handal. Tidak hanya di Pondok Cabe Ilir saja, ia juga menjadi pelatih senam di daerah lainnya seperti Pamulang, Ciputat dan lainnya. “saya tidak mengharapkan imbalan selama menjadi instruktur. Saya hanya ingin sehat dan mengembalikan bentuk tubuh seperti ketika belum memiliki anak”, tutur Ibu Rian. “Warga meminta saya untuk menjadi instruktur, lalu dari mulut ke mulut saya pun di panggil ke daerah lain untuk menjadi pemandu senam aerobik,” lanjutnya.

Tempat yang sering mereka gunakan adalah lapangan PB. HS. Putra. Lapangan ini juga digunakan untuk menggelar acara lain semacamnya kegiatan 17 Agustus-an, pertandingan bulutangkis antar-RT/RW dan aerobik. Terkadang, setelah senam, ibu-ibu yang membawa bekal saling berbagi makanan bersama warga lain, ngerujak, atau pun membicarakan tempat tur berikutnya. Senam dibagi beberapa jenis salah satunya aerobik, SKJ [Senam Kesegaran Jasmani], BL, jantung sehat dan lainnya. Senam aerobik memiliki irama-irama seperti menari, namun bedanya aerobik lebih kepada tujuan kesehatan.

Tujuan senam aerobik selain kesehatan bisa kebugaran, membentuk tubuh dan meningkatkan denyut jantung serta peru-paru. Dalam senam aerobik dibagi menjadi tiga bagian utama seperti pemanasan, inti dan pendinginan. Ketiganya memiliki tujuan masing masing, pemanasan dilakukan selama 10-15 menit, melemaskan otot yang kaku, mengurangi cidera, dan meningkatkan suhu tubuh. Inti 1, latihan ini bertujuan untuk membakar lemak, melatih pernafasan serta daya tahan otot tubuh, dilakukan selama kurang lebih 20 menit. Inti 2, dilakukan selama kurang labih 15, untuk mengencangkan, melenturkan dan menguatkan seperti bagian paha, lengan, perut dan betis. Pendingina,  dilakukan untuk mengatur pernafasan, menormalkan denyut nadi yang berdetak kencang, dan dilakukan selama 10 menit.

Irama yang diputar harus sesuai dengan gerakannya, bila sedang pemanasan maka iramanya tidak terlalu cepat, irama musik pada dalam gerakan inti sangat cepat dibandingkan gerakan senam lain, dan irama musik pada bagian pendinginan lebih terdengar slow dibandingkan dengan bagian pemanasan serta inti. Saat ini banyak orang yang berminat dalam olahraga jenis aerobik ini dari mulai yang tua sampai yang muda, dari ibu-ibu, bapak-bapak sampai remaja. Tidak ada batan yang ingin berolahraga jenis ini, dan ada fakta baru mengenai olahraga jenis ini. Hanya dengan berlatih selama tiga jam dalam seminggu mampu menurunkan tingkat depresi hingga 50%. « [teks dan foto: Lusi]

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Mei 11, 2011 in Olah Raga

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: